Friday, November 25, 2011

Video Pembuktian Luas Permukaan Kerucut

 


Sebuah video tentang bagaimana mendapatkan sebuah rumus untuk mencari luas permukaan kerucut dengan durasi 10 menit 23 detik. Tahap pertama dalam membuat video ini yaitu membuat skrip atau skenarionya terlebih dahulu. Tahap selanjutnya adalah proses pengambilan video (shooting). Proses pengambilan video dapat dikatakan singkat, hanya satu hari. Setelah proses pengambilan video, langkah terakhir adalah proses editting. Video ini dibuat dengan menggunakan bantuan software Corel Video Studio Pro X3. Awalnya kami berniat untuk menggunakan software Ulead Video Studio 11, namun ada beberapa pertimbangan yang membuat kami memilih menggunakan Corel VS Pro X3. Pertama, hasil editting dari ulead gambarnya kurang bagus, terlihat pecah-pecah. Kedua, pada Ulead hanya sedikit animasi yang dapat digunakan untuk mempercantik video. Jadi kami dengan tekad yang bulat memilih Corel Video Studio Pro X3 sebagai media untuk memperindah video kami. Silakan menikmati video kami. Semoga bermanfaat!
-salam, LSA-   ^_^

Saat belajar matematika di SMP kita telah mengenal berbagai macam bangun ruang seperti Kubus, Balok, Prisma, Limas, tabung, kerucut dan bola. Kalian tahu piramida di Mesir, ya piramida itu salah satu bangunan yang berbentuk limas. Lalu apa itu limas? Limas adalah bangun ruang yang memiliki  titik puncak, bidang alas, dan sisi (yang menghubungkan bidang alas dengan titik puncak).


Banyaknya sisi limas (yang menghubungkan bidang alas dengan titik puncak) tergantung pada bidang alasnya. Bidang alas Limas dapat berbentuk segitiga, segiempat, segilima,....sampai dengan segi-n. Jika bidang alas limas segitiga, maka jumlah sisi limas tersebut adalah empat (satu sisi sebagai bidang alas dan tiga sisi sebagai bidang yang menghubungkan alas dengan titik puncak limas). Jika bidang alas limas segiempat, maka jumlah sisi limas tersebut adalah lima, dst. Perhatikan bahwa jumlah sisi yang menghubungkan bidang alas dengan titik puncak limas sama dengan jumlah sisi pada bidang alasnya.  Jika bidang alasnya adalah segi-n maka jumlah sisi yang menghubungkan bidang alas dengan titik puncak limas sama dengan n dan jumlah sisi limas seluruhnya adalah n+1.

Lalu bagaimana dengan Kerucut?
Kerucut memiliki titik puncak, bidang alas dan sisi. Apakah kerucut termasuk limas? Ya, Kerucut adalah limas istimewa dengan bidang alasnya adalah sebuah lingkaran. kerucut hanya memiliki dua sisi, sisi alas dan sisi lengkung kerucut (yg menghubungkan alas dengan titik puncak). Jika kerucut dibuka, maka bagian-bagian kerucut akan terlihat seperti berikut:


Bagian yang dibelah itu merupakan bagian permukaan kerucut, lalu bagaimana rumus mencari luas permukaan kerucut? silakan simak video di atas. :))

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah BerkunjungTerimakasih Telah Berkunjung Terimakasih Telah Berkunjung Terimakasih Telah Berkunjung Terimakasih Telah Berkunjung