Thursday, November 24, 2011

Hati-Hati Minum Soft Drink!!

       
     Kalian pasti mengenal minuman yg bernama soft drink (SD) bukan? ya, macamnya banyak... dan rasanya juga mmm enaaaak. hehe. Apalagi kalau kita lagi kepanasan di siang hari yang terik, segelas soft drink yang dingin pasti bisa menghilangkan rasa dahaga yang menyerang. eits tapi tunggu dulu, di balik rasa manis dan seger nya itu soft drink menyimpan bahaya yang mengancam kesehatan kita...Bahayanya apa aja sih? yuk kita simak berikut ini:

  1. Obesitas. Dari penelitian terbaru didapatkan bahwa softdrinks (SD) menyebabkan overweight dan dikaitkan dengan sindroma metabolik. Tingkat obesitas meningkat sejalan dgn meningkatnya konsumsi SD. Obesitas akan meningkatkan risiko penyakit diabetes dan kardiovaskuler, minum segelas SD sehari akan meningkatkan risiko diabetes 85%.
  2. Karies Gigi. Dari analisis data thn 1971-1974 didapatkan korelasi kuat antara minum soda dgn masalah karies gigi. Mnrt para peneliti SD merusak permukaan gigi, mungkin disebabkan oleh gula maupun faktor lain seperti PH atau keasaman yg terkandung di dlmnya. Seharusnya perusahaan SD tdk mengiklankan minuman ini untuk anak2.
  3. Diabetes dan Jantung. Menurut para ahli seperti dikutip BBC, mengkonsumsi minuman manis terlalu banyak dapat berakibat naiknya resiko terkena diabetes, dan penyakit jantung. Jumlah gula yang tinggi dalam softdrinks menyebabkan pankreas memproduksi insulin dalam jumlah besar, yang mengakibatkan “benturan gula”, Kelebihan dan kekurangan gula dalam insulin dapat menyebabkan diabetes dan penyakit yang terkait dengan ketidakseimbangan dalam tubuh.
  4. Darah Tinggi. Tekanan darah tinggi pun beresiko naik secara bertahap untuk setiap minuman manis yang diminum tiap hari. Fruktosa yang terdapat pada soft drink (SD) dapat memicu tekanan darah tinggi. Penelitian yang dilansir jurnal Hypertension di Inggris dan Amerika, melibatkan 2.500 orang dewasa dengan usia 40 - 49 tahun, yang tidak memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Jumlah asupan fruktosa para responden diteliti. Mereka yang minum minuman berkarbonasi 355 ml per hari, tekanan darahnya naik.
  5. Tulang dan Osteoporosis. Konsumsi SD akan menyebabkan asupan kalsium yg rendah sehingga turut berperan untuk terjadinya osteoporosis, penyakit kerapuhan tulang dan fraktur, terutama pd wanita. Penelitian pendahuluan menduga bahwa minum SD berkontribusi thd kejadian patah tulang pd anak2. Laporan survei di AS thn 1977-78, remaja yg mengkonsumsi SD mengalami kekrgan kalsium +/- 20% daripada yg tidak mengkonsumsi. Pengkonsumsi SD berat juga berkorelasi dgn asupan rendah dr magnesium, asam askorbat, riboflavin dan vit.A.
  6. Batu Ginjal. Pada suatu percobaan, 1009 laki2 yg menderita batu ginjal dan mnm plg sdkt 5 1/3 ons soda setiap hari, 50% dari jumlah tsbt tetap minum dan 50% diminta mengurangi. Tyt stlh 3thn, kelompok yg mengurangi mnm SD hampir 1/3nya tdk mengalami rekurensi batu ginjal.
  7. Zat Aditif. Beberapa merk SD menambahkan zat aditif seperti kafein sebagai stimulan. Kafein meningkatkan ekskresi kalsium dlm urine. Kafein dpt menyebabkan kegelisahan, iritabilitas, kurang istirahat dan berdebar-debar.
  8. Fosfat Tinggi. Tingkat kandungan fosfat yang tinggi dalam softdrinks dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Softdrink terbuat dari air murni yang juga dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Kekurangan mineral yang serius dapat menyebabkan penyakit jantung (kekurangan magnesium), osteoporosis ( kekurangan kalsium) dan banyak lagi. Sebagian besar vitamin tidak berfungsi di dalam tubuh tanpa adanya mineral.
  9. Insomnia. Softdrink mengandung aspartame, yang di hubungkan dengan depresi, insomnia, penyakit saraf dan banyak penyakit lainnya. Di Amerika, FDA telah menerima lebih dari 10400 keluhan konsumen terhadap aspartame.
  10. Softdrink Menguras Air dalam Tubuh. Seperti halnya diuretik yang bukannya memberikan air untuk tubuh kita, tapi malah menghabiskannya. Pemrosesan gula tingkat tinggi dalam softdrinks memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh kita. Untuk mengganti air ini, orang harus minum 8-12 gelas air untuk setiap gelas yang diminum. 
        Ternyata banyak sekali bahay yang mengancam ya... duh duh duh... minum soft drink ternyata banyak ancamannya ya. Minum sekali-kali sih boleh aja... yang penting jangan terus-terusan. Tapi kalo mau tetep sehat sih minum yang aman-aman aja deh, paling sehat ya minum air bening putih  :)

Source:google

    No comments:

    Post a Comment

    Terimakasih Telah BerkunjungTerimakasih Telah Berkunjung Terimakasih Telah Berkunjung Terimakasih Telah Berkunjung Terimakasih Telah Berkunjung